Temukan info menarik di sini

Inilah 6 Sebab Mengapa Nyamuk Suka Menggigiti Manusia


Banyak orang yang penasaran kenapa nyamuk sepertinya tertarik kepada orang-orang tertentu sedangkan ada orang yang sepertinya tidak tersentuh oleh nyamuk. Jerry Butler, PhD, profesor emeritus dari University of Florida bahkan mengatakan 1 dari 10 orang sangat menarik bagi nyamuk, terutama bagi nyamuk betina di malam hari. Karena nyamuk jantan tidak menggigit orang, sedangkan nyamuk betina membutuhkan darah manusia untuk perkembangan telur mereka. Dan ternyata, hanya orang-orang tertentu yang akan dihampiri oleh nyamuk-nyamuk ‘ganas ini. 

Sel khusus di dalam salah satu dari tiga organ yang membentuk hidung nyamuk disesuaikan untuk mengidentifikasi bahan kimia berbeda yang terbentuk dari bau badan manusia. Bagi beberapa nyamuk, keringat beberapa orang baunya lebih baik daripada orang lainnya karena perbedaan proporsi karbon dioksida, octenol dan senyawa lain yang membentuk bau badan.
Terdapat enam pemicu mengapa nyamuk suka sekali mendekati dan mengincar darah Anda:

1. Warna Gelap


Menurut Grayson Brown, PhD, selama berabad-abad nyamuk berevolusi untuk berburu mamalia yang berbulu dan berwarna gelap. Dalam uji coba yang dilakukannya di lapangan, para pekerja yang mengenakan seragam putih maupun berwarna cerah kurang menarik perhatian nyamuk.

2. Aroma Bunga


Tidak hanya lebah, nyamuk juga suka mengkonsumsi nektar yang terdapat pada bunga. Nektar dapat memberikan energi bagi nyamuk untuk terbang dan menyengat. Jadi, jika Anda menggunakan parfum beraroma bunga, nyamuk akan terus menempel pada Anda karena mengira Anda adalah sumber nektar.

3. Bir


Sebuah penelitian di Prancis menunjukkan bahwa peminum bir lebih menarik perhatian nyamuk dibandingkan yang tidak minum bir. Hal ini dikarenakan alkohol berdampak pada aroma nafas dan bau badan.

4. Hamil


Wanita hamil cenderung lebih disukai oleh nyamuk karena dalam tahap akhir kehamilan, volume pembuangan nafas 21 persen lebih tinggi. Saat membuang nafas terciptalah kelembaban dan ini sangat disukai oleh nyamuk. Wanita hamil juga cenderung memiliki suhu tubuh sedikit lebih tinggi sehingga lebih mudah bagi nyamuk untuk mendeteksi kehadiran wanita hamil di sekitar mereka.

5. Begadang

Seperti yang disebutkan di atas, nyamuk betina sangat aktif di malam hari untuk memburu protein yang terkandung di dalam darah. Protein ini dibutuhkan nyamuk untuk perkembangan telurnya. Jadi bisa dikatakan nyamuk betina menghisap darah Anda untuk mempertahankan kelangsungan hidup spesiesnya.

6. Berkeringat


Penelitian dari Yale University, Amerika Serikat, menemukan bahwa nyamuk dapat mengambil zat kimia dalam keringat manusia. Jadi jika Anda berkeringat, segera keringkan dengan handuk agar Anda tidak dikelilingi nyamuk.

Sumber: http://portalentri.blogspot.com/2012/01/6-penyebab-nyamuk-suka-menggigiti.html

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Berkomentar

Please Jangan Spam - Thanks